Bermain drum adalah salah satu hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan. Seperti kegiatan menyenangkan lainnya seperti ski, surfing, dan bermain catur, drum membutuhkan sejumlah latihan sebelum kalian dapat menikmati manfaatnya. Tapi sebelum bisa mengambil manfaatnya kalian harus paham metode latihan drum yang tepat supaya terhindar dari cedera.Berkut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian ikuti sebelum berlatih drum

a.Siapkan Ruang Praktik 
Siapkan ruang latihan yang baik dan memadai, yakni yang kondusif untuk dijadikan tempat dengan suara suara bising. Tempat praktik yang dibuat harus memiliki peredam suara demi menghindari retaknya hubungan dengan tetangga. Selain itu siapkan ruangan yang besar agar dapat penampung drum set kalian. Jika tidak lagi memiliki dana kalian bisa memanfaatkan gudang atau garasi untuk dijadikan tempat latihan. 

b.Atur Jadwal latiha
Tidak peduli apakah kalian berlatih drum atau mengangkat beban - kemampuan kalian untuk menunjukkan kemajuan sepenuhnya tergantung pada pembangunan memori otot. Dan cara terbaik untuk melakukannya adalah untuk mengatur jadwal latihan. Perlu diingat bahwa 30 menit sehari akan menunjukkan hasil yang lebih cepat daripada ketika kalian berlatih tiga jam sekali seminggu. Satu jam sehari bahkan lebih baik, tetapi tidak menetapkan tujuan realistis. Cobalah melakukan latihan minimal lima sesi latihan per minggu.

c.Tetapkan tujuan 
Pikirkan sesi latihan sebagai batu loncatan yang mengarah ke tujuan besar kalian. Jadi di beberapa waktu selama seminggu, mungkin pada hari Minggu kalin perlu menetapkan tujuan kecil yang ingin dicapai selama seminggu. Kalian tahu lebih baik daripada siapa pun tentang aspek-aspek yang harus dikuasai jadi buatlah jadwal dan target secara matang.

d. Mengembangkan Kemampuan Telinga 
Tidak semua pelajaran dapat dipelajari sambil duduk di drum. Kalian akan mendapatkan banyak pelajar berkesan saat menonton drumer lain, dari mereka kalian bisa belahaar tentang teknik dan gaya mereka. Beli DVD dan video dengan drumer yang kalian kagumi.Ini adalah cara terbaik untuk menantang diri kalian menjadi lebih baik, ingat beli drum sebelum bermimpi lebih tinggi.