Monday, October 24, 2011

tentang drum


Berbagai Macam Jenis Cymbal








Ini bisa menjadi hal yang luar biasa ketika kamu melihat pada semua jenis cymbal yang ditawarkan saat ini. Hanya sedikit orang yang mampu untuk membeli satu dari setiap model cymbal hanya untuk mencobanya di beberapa set-up. Jadi apa yang akan kamu lakukan? Dapatkan panduan yang tersedia, bagaimana mereka berfungsi, dan apa yang sangat pas untuk situasi kamu. Itulah tujuan artikel ini, jadi mari kita mulai :
Hi Hat :
HI-Hat adalah unsur inti dalam drum karena digunakan sebagai penjaga waktu utama. Hi hat ini sebenarnya adalah sepasang cymbal yang dipasang pada stand khusus. Berikut ini dasar kerjanya: cymbal bawah bertumpu pada stand sedangkan yang bagian atas diikat ke batang spring-loaded yang bergerak ke atas dan ke bawah dengan pedal kaki. Cymbal kemudian dapat ditutup bersama-sama atau dibuka dalam berbagai cara untuk mengubah suara ketika dipukul. Ukuran cymbal khas yang digunakan pada Hi-hat adalah 13 “-14″. Ada ukuran sedikit lebih besar dan lebih kecil, tetapi tidak umum digunakan. Kamu bisa membeli secara terpisah bagian atas atau bawah, tetapi yang terbaik adalah membeli sepasang untuk memastikan pencocokan sonik. Ketika memilih HI-hat, pastikan bahwa Cymbal bawah lebih tebal daripada bagian atas. Ini akan memberikan suara crip dan mendorong dan terdengar bagus ketika suara ditutup. Beberapa inovasi lain pada Cymbal bawah termasuk “bergelombang” bagian bawah yang bisa meningkatkan volume Hi-hat ketika tertutup. Kamu bisa menemukan fitur ini pada “mastersound” model Zildjian. Pendekatan lain yang unik adalah melibatkan lubang kecil di bawah untuk “mengunci” cymbal. Hasilnya adalah sepasang Hi-hat jauh lebih cepat dan lebih ketat. Mengenai kualitas, kamu harus mempertimbangkan untuk mengeluarkan uang ekstra untuk cymbal hi hat. MENGAPA? Karena hi-hat terdengar lebih dari cymbal lain.
Ride Cymbal :
Di samping hi-hat, cymbal ride adalah penjaga waktu kedua yang paling penting dari jenis cymbal. Hal ini biasanya simbal terbesar dan memiliki suara terbuka yang bagus. Ukuran Ride cymbal berkisar dari 18 “-24″, dengan 20 “atau 22″ yang menjadi ukuran yang paling populer. Bel (atau pusat kubah) biasanya cukup besar yang memungkinkan untuk aksen prounced dalam irama atau pola-pola khusus atau menonaktifkan irama, atau pola apa yang pernah kamu impikan. Ride cymbal bervariasi dalam ketebalan, yang memiliki pengaruh terhadap serangan, volume, dan nada suara. Di mana kamu bermain dan apa genre musik yang kamu mainkan akan menentukan jenis musikmu. Misalnya, lebih tebal menghasilkan suara lebih keras dan tajam.
Crash Cymbal :
Sementara hi-hat dan Ride yang paling utama, cymbal crash dikenal lebih baik dan sering digunakan, mengenai ini akan disajikan dalam kategori. Dimulai dengan :
Tradisional : Cymbal crash standar dapat dianggap “tradisional” karena ini adalah simbal asli. Crash ini dirancang untuk aksen irama. Cymbal crash tradisional tersedia dalam berbagai ukuran dari 14 “- 19″ dan bervariasi dalam ketebalan. Diameter crash lebih berat dan lebih besar dan lebih mirip hybrids. Mereka memiliki lonceng yang lebih besar dan bervariasi dalam serangan dan mempertahankan suara tergantung pada jenis logam, tebal, dan selesai. cymbal crash besar bekerja dengan baik dalam jangkauan yang luas. Sebagai aturan umum, menjaga rentang pitch bisa menghasilkan suara yang efektif ketika memainkan seluruh lagu. Satu hal besar tentang crash adalah bahwa kamu bisa sesuaikan dengan genre musikmu.
Splash Cymbal :
Splash cymbal dicampur dengan crash tradisional untuk memberikan lebih banyak variasi. Ukurannya berkisar dari 6 “- 12″ dan memiliki pitch tinggi / volume rendah / pendek. Suara cymbal splash dan crash menjadi keras bila bersamaan dengan snare drum atau tom. Kamu juga bisa menggunakan crash yang utama jika kamu bermain di sebuah ruangan kecil dengan volume rendah.
Cymbal China :
Cymbal china sering digunakan seperti cymbal splash, ukurannya mulai dari 12 “- 22″. Banyak drumer hanya menggunakan ukuran 18 “karena mereka tersedia dalam berbagai ukuran dalam suara yang begitu erat. Cymbal China memiliki bentuk paling unik dari semua jenis cymbal. Nada terang dengan potongan dan campuran yang sangat baik.


cara setting dan memukul cymbals dengan benar

Bagaimana cara setting dan memukul cymbals :
Banyak yang bertanya2 baaimana sih cara memukul cymbals
Intinya hanyalah Bermainlah  dengan pintar, santai dan rileks
Hindari bermain dengan ‘keras’ dan ‘kasar’ ,  ingat Anda bermain drum bukan ‘pencak silat’ he.. he.. he..
Kalau Anda bermain kasar dan keras dijamin Anda akan cepat lelah dan tempo yang Anda hasilkan  cenderung tidak beraturan dan Cymbals yang Anda pakai akan cepat Rusak
Satu hal lagi yang penting Kualitas suara cymbal ditentukan oleh campuran bahan, ukuran, bentuk, pemukulan, dan pembentukan pola.
Memaksa cymbal untuk menghasilkan volume di luar jangkauan dapat menyebabkan kerusakan.
Jangan memukul cymbal langsung pada edge/bagian pinggir cymbals, ini cara pemukulan yang salah, selain suara yang dihasilkan buruk, Anda capek, dan Cymbals Anda akan cepat rusak, nah rugi berkali2 khan
Crash Cymbal adalah cymbals yang paling cepat rusak. Supaya awet harus dipukul dengan pukulan ke bagian tengah piringan, dengan mata anda fokus melirik ke pusat cymbal, perhatikan gambar dibawah ini.
crash cymbals 300x152 Cara setting & memukul cymbals bag 1
Memukul dengan pergelangan tangan sedikit memutar juga membantu menghindari kerusakan pada “crash cymbals”.
Tempatkan bantalan Karet atau Nilon yang elastis di antara cymbals dan mur pada batang tengah stand cymbal untuk meredam getaran, mencegah lubang dan menghindari retak pada bagian tengah cymbalpemasangan cymbals 300x149 Cara setting & memukul cymbals bag 1
Jangan terlalu mengencangkan mur.
Hal ini bisa menyebabkan retak di sekitar lubang pada pusat cymbal.
jangan menjepit cymbal terlalu kencang, hal ini membuat cymbal tidak bisa bergetar dengan bebas dan menimbulkan suara seperti tercekik.
posisi cymbals 300x186 Cara setting & memukul cymbals bag 1
Untuk Hi-hat, kopling tengah agak diketatkan sehingga cymbal bagian atas bebas bergerak.


Tips & Cara membersihkan cymbals :
Setiap Cymbals merek apapun dilapisi pelindung khusus untuk mencegah oksidasi (seperti yang biasa Anda lihat sebagai bercak berwarna kehijauan atau karat pada cymbals tua), supaya awet pastikan Anda melakukan hal2 sebagai berikut :
  1. Biasakan menyentuh atau memegang cymbals dengan Tangan yang bersih dan tidak berkeringat. Keringat manusia mengandung asam dan garam, hal ini akan mempercepat proses oksidasi pada logam cymbals Anda, akibatnya cymbals warna anda akan pudar, bahkan kualitas logamnya akan menurun.
  2. Biasakan Selalu membersihkan cymbals setelah latihan atau bermain.
  3. Bersihkan cymbals dengan 2 langkah berikut :
  • Lap cymbals Anda dengan kain dari bahan katun halus yang bersifat non-abrasif/tidak mengikis (seperti : t-shirt bekas) yang dibasahi dengan air hangat yang bersih atau ‘Cymbals Cleaner’. Anda dapat juga menggunakan sabun cuci piring cair (seperti ‘mama lemon’) atau cairan pembersih kaca (seperti ‘mr.muscle’), yang tidak mengandung cairan yang bersifat asam atau bersifat abrasif. Jangan menggunakan sabun cuci pakaian (seperti : rinso, attack,dll) hal ini akan langsung merusak lapisan cymbals Anda.
  • Setelah itu keringkan Cymbals dengan kain kering dari bahan katun halus, sampai benar2 kering.
Hindari cara pembersihan cymbals sebagai berikut :
  • Hindari menggunakan cairan yang bersifat asam atau abrasif, seperti produk ‘Metal Cleaner’ (seperti : brasso dan sejenisnya) hal ini akan merusak warna cymbals Anda.
  • Jangan menggunakan alat penggosok mekanik. Mereka menghasilkan panas dan mungkin terlalu kuat, ini menyebabkan Logam Cymbals Anda akan terkikis

TIPS MEMILIH SNARE DRUM

Snare Drum bersuara tajam, meskipun bercampur suara lainnya, snare drum menjaga alur tetap bergerak, menambahkan aksen, dan berinteraksi dengan solo. Suara khas ini berasal dari kabel logam drum, atau pengikat, yang berada di bawah kepala drum yang tipis dengan perangkat yang disebut saringan yang dipasang di shell. Pengikat bisa dilepaskan untuk tom tinggi atau suara seperti timbale.
Snare drum secara tradisional terbuat dari logam atau kayu. Logam snare  terbuat dari baja, kuningan, alumunium, dan paduan lainnya, memberikan nada, dan sangat cerah pemotongan suaranya, meskipun banyak drumer lebih suka suara hangat yang dikeluarkan kayu snare. Snare drum umumnya 14 “dengan diameter dan kedalaman 3-1/2″ sampai 8 “, tetapi hari ini sejumlah besar snare drum kustom yang tersedia.
Banyak drumer suka mengumpulkan snare drum tambahan untuk digunakan dalam situasi khusus. Piccolo, soprano, dan drum snare sopranino yang semakin berukuran lebih kecil dan bernada tinggi daripada standar snare drum. Snare popcorn berukuran 6 “x 10″ adalah snare khusus dengan nada tinggi. Snare drum khusus ini digunakan oleh banyak drumer yang memainkan gaya electronica modern yang memerlukan suara snare bernada tinggi seperti bass drum dan trance.

 

Cara Memilih Cymbal
Cymbal adalah komponen penting dari setiap drum set. Kebanyakan drum set tanpa disertai cymbal, jika kamu ingin menemukan cymbal yang sesuai dengan aliran musik yang biasa kamu mainkan serta drum set yang kamu punya. Berbagai jenis cymbal bisa mengisi berbagai macam peran di dalam permainan drum. Jenis utama pada cymbal adalah : Ride cymbal, crash cymbal, dan hi-hat cymbal. Cymbal Splash dan China juga telah menjadi sangat populer dalam beberapa dekade terakhir. Berbagai macam cymbal efek yang tersedia drumer bisa memberikan suara, warna, dan bentuk untuk dipilih.
Cymbal terbuat dari logam cair dituangkan dalam cetakan kemudian dipanaskan, digiling, dibentuk, ditempa, dan lathed. Ini hasil proses panjang dalam cymbal dengan suara yang kompleks. Setiap simbal cor memiliki karakter yang berbeda dan memiliki sonik yang unik. Sheet cymbal dipotong dari lembaran besar logam dengan ketebalan dan komposisi campuran. Lembar cymbal memiliki suara yang sangat seragam dari simbal dalam model yang sama, dan umumnya lebih murah dari simbal cor.

Suara Cymbal kecenderungan sangat individual. Banyak pemain jazz menyukai suara yang lebih berat dengan suara simbal yang lebih kompleks, sedangkan rocker umumnya bersandar ke arah suara yang cerah dan keras yang potongannya harus melalui campuran. Sementara beberapa perusahaan raksasa Cymbal tradisional terus mendominasi pasar dan terus berkembang merupakan alternatif pilihan.




Tips Memilih Jenis Kayu Drum
Unsur lain yang harus dipertimbangkan adalah jenis kayu yang digunakan dalam pembuatan drum. Banyak jenis kayu yang digunakan untuk drum, dan semua memiliki kualitas suara yang unik.

* Maple adalah kayu yang paling populer digunakan untuk membuat drum, dengan nada hangat seimbang.
* Falkata kadang-kadang diganti dengan maple, karena biaya kurang belum kualitas suara maple saham dan mengambil selesai dengan baik.
* Birch sangat padat dan keras, dengan suara yang lebih keras dan terang dari maple atau mahoni. Nada keras dan warna cerah membuat kayu ini sangat baik untuk dimainkan, karena mudah memotongnya dan memberi campuran. Perkembangan fitur birch mengalami pasang surut dengan midrange.
* Mahogany telah meningkatkan low end dan mengurangi midrange tertinggi. Suara sedikit lebih hangat dari maple dan dikatakan memiliki “vintage” karakter.
* Poplar adalah alternatif yang murah untuk maple atau birch. suaranya mirip dengan birch atau mahoni.
* Basswood banyak member alternatif, dan lebih murah dari maple atau birch. Basswood memiliki corak yang indah.
* Kayu Lauan sering disebut sebagai “kayu keras pilihan,” dan dapat dianggap sebagai versi anggaran dari kayu birch.
* Oak memiliki suara mirip dengan maple, dengan komposisi lebih berpori dan suara kuat serta cerah.

kerang Drum terbuat dari beberapa lapisan kayu. Secara umum, semakin banyak lapisan drum, semakin bulat dan mantap suara. Drum dibuat dengan lebih sedikit lapisan biasanya memiliki suara yang cerah dan lebih resonan dengan catatan mendasar yang lebih rendah.

Sudut di mana tepi drum shell bearing yang dipotong akan membuat perbedaan dalam kualitas suara. Sebuah sudut bantalan di tepi yang tajam memberikan suara yang lebih cerah dengan potongan, sementara tepi bantalan bulat memberikan suara yang lebih lembut dan matang.

Drum bermacam-macam. Pembentukan bagian akhir merupakan alternatif murah yang terdiri dari pembungkus dengan berbagai macam pola yang bagus untuk dipilih. Cara penyelesaian yang bagus memberikan daya tahan yang hebat dan bisa mengurangi goresan dan torehan yang lebih baik daripada pembentukan alami. selesai dipernis Transparan bisa meningkatkan woodgrain untuk mendapatkan hasil yang bagus.




Tips Memilih Drum Set
Dengan berbagai macam drum set yang tersedia, bagaimana kamu bisa memutuskan drum yang tepat bagi kamu?. Sebelum kita melihat cara memilih drum set, kami akan memperkenalkan komponen-komponen yang masuk ke dalamnya. Ini termasuk: snare drum, bass drum, satu atau lebih tom, dan tom lantai. Dua komponen penting lain yang melengkapi kontemporer drum adalah Cimbal dan perangkat kerasnya. Pertama kita akan mempelajari berbagai konfigurasi drum set yang tersedia.


Jika kamu seorang pemula atau hanya hobi bermain dalam sebuah band dengan teman-teman, sebuah 4-piece drum set terdiri dari snare drum, bass drum, tom dipasang tunggal, dan tom lantai menyediakan semua suara dasar . Ringo Starr membuat konfigurasi ini dikenal sebagai The Beatles. Satu set drum terdiri dari 4 yang mengambil minimum ruang, mudah, portabel, dan memiliki suara yang cocok untuk jazz, blues, dan gaya rock.

Jika kamu mendengar permainan drum yang menyenangkan, kemudian kamu mempertimbangkan drum yang 5 pcs, 6 pcs, atau set yang lebih besar lagi dengan menambah tom tambahan untuk tonal range yang lebih luas. Kit yang lebih besar cocok untuk rock, fusion, kontemporer, dan beberapa gaya dari berbagai negara.

Banyak drum set yang terdiri dari dua konfigurasi yang berbeda, Standar atau Fusion. Diameter drum membedakan konfigurasi pada masing-masing drum. Fusion drum set biasanya fiturnya 10”dan 12″ tom-tom, 14 “floor tom (berdiri) dan biasanya 22″ bass drum. Standar kit berukuran 12 “dan 13″ tom-tom, sebuah 16 ” floor tom, dan 22″ bass drum. Manfaat dari diameter yang lebih kecil dari himpunan Fusion nada menjadi lebih rock dan bisa mengartikulasikan suara. Kelebihan drum set ukuran standar adalah tom yang lebih besar menghasilkan volume yang lebih dan nada lebih besar. Memilih drum set terbaik adalah proses subjektif dengan manfaat untuk konfigurasi masing-masing drum.

Double bass drum set dipelopori oleh para pemain jazz besar dan dipopulerkan oleh drumer rock. Set double bass memungkinkan kamu untuk memainkan pola-pola nada dengan sangat cepat dan memiliki penampilan visual yang mencolok.

Sebuah drum set yang lengkap biasanya akan berisi semua hardware yang kamu perlukan. Jika kamu sudah memiliki hardware, membeli satu pak shell dapat menghemat uang. Paket terdiri dari shell drum itu sendiri tanpa hardware tambahan, kecuali rims dan tom mounts.

Walaupun ada drum set yang bisa dipakai untuk berbagai gaya, secara umum adalah ide yang baik untuk memilih drum set yang sesuai dengan gaya musik bermainmu. Apakah Slipknot’s Joey Jordison drummer idolamu, atau Steve Gadd lebih mempengaruhi gayamu?. Sebuah aturan praktis adalah bahwa kit dengan drum yang lebih sedikit dan lebih kecil cocok untuk jazz, blues tradisional, dan bentuk-bentuk lain terutama music Akustik, sedangkan drum set yang lebih besar lebih cocok untuk gaya lain yang lebih kuat.





Perbedaan Metronome Drum
Di sini kita melihat dua metronom elektronik paling canggih yang tersedia saat ini. Keduanya memiliki kurang lebih fitur yang sama. Untuk memilih model terbaik yang cocok untuk anda, maka akan saya jelaskan pada halaman ini dan anda akan menemukan beberapa hal yang Umum pada metronom dan saya akan hadir untuk anda dengan serangkaian latihan yang harus dilakukan dengan bantuan metronom. Kedua metronom ini banyak kesamaan pada cara pengoperasiannya. Tombol on / off membawa metronome hidup. Di sini kita melihat perbedaan pertama:

* “Boss” bisa digunakan untuk menyimpan pengaturan

* “Tama” selalu menempatkan Anda dalam 4 / 4 di 120 BPM! tempo dapat diatur dengan beberapa langkah: langkah 1 – dengan memutar kenop yang besar. Ini bekerja pada kedua metronom, tetapi pada “Boss” Anda dapat mereset tempo sampai 120 dengan menekan salah satu tombol lain sambil memutar roda. Pada “Tama” memiliki 20 pengaturan yang bisa diprogram, namun Anda hanya dapat memilih satu nada yang lebih tinggi berikutnya dalam sebuah lingkaran yang tak berujung. Jika Anda bermain pada memori nomor 3 dan ingin kembali ke nomor 2, Anda harus melewati siklus 1 jalan sampai 4,5,6 … 20,1,2 untuk sampai ke sana. “Boss” memiliki up / down sepasang switch tetapi hanya 8 memori penyimpanan. Suara klik bisa dipilih, “Tama” memiliki dua suara yang berbeda, “Boss” juga, dua suara dan suara untuk menghitung. Dua suara adalah jenis woodblock (mellow) suara dan suara “ìclickierî”. Aksen (setiap 1,2,3,4,5 atau 6 ketukan di Tama dan 1 – 8 pada Bos) jelas untuk mendengar herus memiliki kontrol volume sendiri. Ada master kontrol volume di kedua mesin yang bekerja seperti yang diharapkan. Setiap suara dapat dibagi dalam 2, 3 atau 4. Pembagian menjadi 4 hanya memberikan catatan kedua dan keempat bagiannya, tetapi bersama-sama dengan pembagian catatan 8 Anda dapat memiliki 16 catatan. Modus “tekan” bekerja sama pada keduanya: Anda menekan tombol start / stop yang berfungsi sebagai perangkat tempo sensitif untuk mengukur waktu antara hits berturut-turut. Ia bekerja antara tempo 35-240. Anda dapat menghubungkan headphone untuk masing-masing. “Bos” memiliki konektor mini jack tambahan. Speaker internal terputus saat menggunakan telepon. Kedua metronom berjalan pada baterai 9 volt internal. menggunakan Power cukup tinggi dan Anda bisa lebih sering mengganti baterai. Oleh karena itu, penggunaan catu daya eksternal direkomendasikan. Namun kedua metronom menggunakan sistem yang berbeda, tetapi keduanya memiliki kurang lebih kesamaan. 






Dasar-Dasar Posisi Bermain Drum
Mungkin aspek yang paling diabaikan dari permainan drum adalah tempat duduk. Mungkin ini dianggap sesuatu yang sangat sepele dan tidak perlu mendapat perhatian. Ini merupakan kesalahn besar, tempat duduk dan posisi duduk anda punya potensi untuk membuat kemajuan dan sedikit mengurangi kesulitan anda.

Mulailah dengan kaki kanan, dan mari kita berbicara secara masuk akal. Tapi perlu dicatat, hal ini bervariasi antara pemain, karena karakteristik tubuh Anda perlu dipertimbangkan, yaitu tinggi badan Anda

KETINGGIAN :

Posisi kursi sangat penting, kstabilan perlu disesuaikan.

Memilih ketinggian yang cocok pada kursi adalah mudah. Pertama, duduk di bangku dan periksa paha Anda. Jika paha Anda miring ke bawah ketika duduk, sekitar 5 sampai 10 derajat, Anda tidak ingin duduk terlalu rendah. Sehingga pinggang Anda di bawah lutut. Hal ini menekan kaki Anda, dan punggung bagian bawah. Pada akhirnya, itu memerlukan lebih banyak energi untuk menopang. Ini dapat berpengaruh pada pemain double bass dan single.

POSISI :

Ketinggian adalah posisi yang lain. Ketika kita berbicara tentang posisi, itu adalah proses yang harus dibangun, pertama kita mulai dengan snare, bass drum dan Hi-Hat. Kemudian menambahkan drum lain atau Cymbal yang kita inginkan.

Bass Drum. – Lebih baik tidak duduk terlalu dekat. Aturan praktis yang baik adalah untuk posisi duduk Anda adalah cukup jauh sehingga lutut Anda dibengkokkan pada sekitar 90 sampai 100 derajat (antara sudut kanan atau lebih dari lantai), sehingga vertikal atau sedikit miring ke depan. Hal ini memungkinkan kebebasan pada pergelangan kaki yang lebih besar gerakannya dan dengan demikian memberikan kontrol yang lebih besar di atasnya. Begitu kita menemukan jarak yang nyaman. Kita perlu memastikan bahwa kita sedang duduk di sudut yang nyaman untuk mendasarkan drum kita juga. Secara pribadi aturan praktis yang baik adalah untuk posisi bass drum adalah sekitar 15 derajat dari Anda, jadi jika Anda duduk depan, kaki Anda akan berada di 15 derajat dari penglihatan anda.

Hi – Hat : Aturan dasar yang sama berlaku untuk hi-hat, jangan duduk terlalu dekat, dan mencoba posisi sekitar 15 derajat dari mata (Posisi jam 11)

Snare Drum – Snare harus langsung masuk ke penglihatan anda. Biasanya sekitar 5/6 inch jauhnya dari posisi kita membungkuk. Ketinggiannya harus di atas lutut Anda, hal ini Untuk mengurangi gangguan antara kaki dan tangan ketika bermain snare drum. Juga, posisi snare sempurna, yang terbaik adalah sedikit miring ke arah Anda sekitar 5-10 derajat, agar membuatnya lebih mudah diakses.

Jadi setelah Anda punya posisi snare, bass drum, Hi-hat, Sudah waktunya untuk menyesuaikan ketinggian Hi-hat Anda. Secara pribadi, saya lebih suka itu sekitar 5 / 6 inci lebih tinggi dari snare drum, ini memungkinkan saya dengan mudah mengakses ke tepi dan bagian atas hi-hat dengan kedua tangan.

TOM-TOM :

Posisi tom Anda harus merupakan satu kesatuan yang seimbang, dan tidak hanya didasarkan pada penampilan. Secara pribadi, untuk tom, diposisikan sedikit ke sebelah kiri snare drum jika mungkin, dan miring ke belakang sekitar 10/20 derajat. Posisi ini sekitar 4/5 inch lebih tinggi dari snare drum. Saya suka tom-tom harus sama posisinya, tapi sedikit lebih rendah dari drum sebelumnya. Saya membuatnya lebih mudah untuk pindah ke bawah (sekitar) drum dengan cepat, jadi mungkin itu akan bekerja untuk anda juga!.

Tom-tom ketinggiannya harus sama dengan snare drum Anda, miring sedikit ke arah Anda.




TIPS MEMILIH CYMBAL
“cymbal saya waktu dicoba di took suaranya enak, tapi waktu saya coba sendiri di band kok beda ya?”, “baru beberapa bulan dipakai kok udah pecah ya cymbal ku?”, apakah anda salah satu dari mereka yang mempunyai keluhan seperti diatas? Jika iya, maka anda wajib untuk membaca tips berikut ini.
*Jika memungkinkan, settinglah cymbal yg hendak anda beli sesuai dengan setting yang biasa anda gunakan, lalu mainkanlah seperti anda main di group musik anda (hentakan dan posisi pukulan yang sama), apakah cymbal tersebut sudah memenuhi kriteria yg anda inginkan? Kesalahan yang sering kali terjadi adalah, konsumen hanya mencoba dengan mengetukan jari pada cymbal (mungkin karena sungkan kalau mau mencoba memainkannya), cymbal yang tipis cenderung menghasilkan suara yang nyaring ketika diketuk dengan jari, tapi jangan salahkan sang cymbal jika anda sudah membelinya, lalu anda gunakan untuk musik cadas dan cymbal hanya bisa bertahan “hidup” sebentar saja.
 

*Akan sangat membantu jika anda juga membawa cymbal anda yang lain (dari rumah), hal ini supaya anda bisa membandingkan apakah sudah sesuai dengan karakter sound yang anda inginkan. Perpadukan calon cymbal yang hendak anda beli dengan cymbal pribadi anda, apakah ada keharmonisan diantara mereka berdua? Sekali lagi, jika anda mencoba cymbal, cobalah sebagaimana anda bermain sesungguh’nya dalam kelompok musik anda.
 

*Mintalah teman, atau penjaga took untuk bermain, lalu pantaulah sound yang dihasilkan, apakah sudah sesuai dengan karakter anda? (berlaku sebagai pendengar)
 

*Gunakanlah stick sendiri untuk mencoba calon cymbal anda.
 

*Mintalah pendapat pada teman anda, atau spesialis drum di toko tersebut, jangan malu-malu untuk sering mengajukan pertanyan.
 

*Logika dasar dari cymbal adalah: jika anda pemain musik rock, metal, cadas jangan sekali-kali memilih cymbal yang ringan, pilihlah model cymbal yang berat. Karena cymbal berat cenderung lebih kuat dan tahan lama, dan sangat cocok digunakan secara terus menerus. 




1 comment:

  1. thanks kak infonya

    kunjungi hargaalatantrianc2000.blogdetik.com pusatmesinantrianc2000.blogspot.co.id
    pusat alat antrian otomatis +software dan alat survey kepuasan pelanggan
    kami menjual alat antrian:

    -alat antri sederhana
    -alat antri berbasis android
    -survey kepuasaan layanan
    -kiosk
    -dan juga berbagai macam type tentunya

    hubungi www.alatantrian.com
    denny@cendana2000.com 082130345677

    ReplyDelete